Sabtu, 25 Oktober 2014

Merawat Vespa

Cara Merawat Vespa merupakan tekhnik dasar untuk menjaga kondisi motor Vespa kesayangan anda supaya tetap dalam kondisi baik dan mulus. Secara umum, perawatan terhadap motor Vespa kesayangan anda memang tidak terlalu berbeda dengan bagaimana cara merawat motor pada umumnya. Namun, karena skuter yang satu ini merupakan skuter yang sangat unik jadi terkadang perlakuan khusus harus anda terapkan supaya Vespa kesayangan anda tersebut dapat menjadi barang yang sangat berharga di kehidupan anda. Berikut ini akan disajikan beberapa cara efektif untuk melakukan perawatan secara umum pada motor Vespa anda.


Pertama, anda harus melakukan perawatan terhadap body motor Vespa anda. Ya, perlakuan ini juga memang berlaku untuk semua jenis motor supaya kondisi body tetap kelihatan bagus dan anda pun sebagai pengendara dari motor tersebut dapat percaya diri. Merawat bodi vespa yang mempunyai desain bulet, antic, dan berkarakter tersebut harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Hal yang harus anda perhatikan untuk body motor Vespa anda adalah supaya tidak terkena kotoran yang menempel pada body dengan waktu yang terlalu lama. Mengapa jangan dibiarkan seperti itu? Tentu saja jangan karena itu bisa membuat motor kesayangan anda menjadi karatan. Anda juga sudah tahu bahwa hampir semua body menggunakan besi Vespa menggunakan besi dan besi sangat rentang dengan karatan jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, selalu mandikan motor Vespa anda dengan rutin terutama ketika anda memakainya di jalan berlumpur atau pada waktu musim hujan tiba.
Cara Merawat Vespa yang sangat khas terletak pada perawatan khusus di komponen karburator, busi, dan persneling. Ketiga komponen tersebut memang harus mendapatkan perhatian ekstra supaya motor kesayangan anda tetap prima. Bagaimana cara membersihkan karbu? Bersihkan sepuyer besar dan kecilnya dari kotoran yang kemungkinan dapat menyumbat dengan menggunakan compressor dan seting ulanglah lubang angin dengan pas, anda dapat malakukannya dengan menyalakan motor. Anda juga dituntut untuk dapat menjaga kondisi kabel persneling. Bagaimana cara merawatnya? Ya, anda harus memperhatikan kondisi kabelnya supaya tidak kendor dan berilah pelumas jika diperlukan sehingga anda tidak akan kesulitan untuk  berpindah transmisi.
Selanjutnya, pertama vespa jadul memang identik dengan masalah busi. Oleh karena itu, perlakukan motor Vespa anda dengan baik dan benar supaya anda tidak keseringan gonta-ganti busi. Apakah hal itu bisa dilakukan? Tentu saja bisa, ada dua tips yang bisa anda kerjakan supaya busi motor anda itu dapat tahan lama. Sebiknya langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih busi asli atau ori sesuai dengan busi bawaanya. Namun, hal itu akan tetap saja tidak berpengaruh jika anda tidak menggunakan bahan bakar dengan bensin beroktan tinggi. Apalagi, anda harus menghindari campuran bahan bakan yang diakibatkan oleh pedangang eceran nakal. Oleh karena itu sebaiknya anda melakukan pengisian BBM di POM aja supaya lebih aman dan nyaman. Apa akibatnya jika anda menggunakan besin kualitas rendah? Tentu saja itu akan menyisakan banyak jelaga atau berupa karat hitam terutama pada komponen pembakaran, termasuk busi. Anda bisa beralih untuk menggunakan BBM bensin oktan tinggi seperti Pertamax. Terakhir, jangan lupa juga rawat aki (accu)supaya tidak terjadi koslet yang dapat berimbas pada kondisi busi anda. Itulah tips jitu Cara Merawat Vespa secara umum.

0 komentar:

Posting Komentar