Sabtu, 25 Oktober 2014

Vespa Kongo

Tahukah anda bahwa Vespa Kongo merupakan varian Vespa yang sangat berharga bagi bangsa tercinta ini! Ya, Vespa Kongo bisa disebut Vespa dengan history yang akan selalu terkenang sepanjang hayat. Mengapa demikian? Pada awalnya Vespa tersebut merupakan Vespa penghargaan dari pemerintah Indonesia yang diberikan secara ekslusif kepada kontingen Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia (KONGA atau Pasukan Garuda) yang ditugaskan di Kongo. Pasukan tersebut ternyata berasal dari Tentara Nasional Indonesia sehingga sangat diperhitungkan keberadaanya sebagai pasukan perdamaian di negara lain.

sejak tahun 1957, Indonesia memang mengirim pasukannya demi memenuhi permintaan dari perdamaian PBB. Hutang budi Negara Indonesia kepada negara-negara Liga Arab yang langsung mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus tahun 1945, maka dibalaslah hutang budi tersebut pada tahun 1956 dengan mengirimkan Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB ke Mesir yang kala itu sedang dijajah oleh pasukan Inggris, Prancis, dan Israel. Pasukan dari Indonesia tersebut dinamai dengan  Kontingen Garuda I atau KONGA I. Selanjutnya, Indonesia juga mengirim pasukan konga II sebanyak 1.074 orang ke Negara Kongo demi menjalankan misi keamanan disana. Lebih dari itu, pasukan keamanan Indonesia yang dinamai dengan konga III juga telah dikirim ke Kongo mulai 1962 dan berakhir pada akhir tahun 1963. Pasukan keamanan dengan jumlah pasukan 3.457 orang tersebut bergerak di bawah misi UNOC.
Misi perdamaian yang berat memang telah diselesaikan oleh pasukan keamanan Indonesia tersebut dengan baik, maka demi mengapresiasi perjuangan yang telah dilakukannya, Pasukan Garuda memperoleh beberapa penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia. Salah satu penghargaan unik yang ditemima oleh pasukan tersebut adalah Vespa, sehingga terkenalah ke seluruh nusantara Vespa hadiah tersebut dinamai dengan Vespa Kongo karena merupakan hadiah yang diperuntukan bagi mereka yang telah berjuang hebat di Kongo.


Vespa Kongo dengan balutan hijau yang memiliki 150cc diperuntukan bagi tentara yang mempunyai pangkat paling tinggi. Kemudian, vespa dengan balutan warna kuning dan biru yang memiliki 125cc diperuntukan bagi tentara yang ada dibawahnya. Ada cirri khas dari Vespa Kongo hasil dari penghargaan tersebut, yaitu adanya sematan tanda nomor prajurit berbentuk oval dari kuningan yang terdapat pada handlebar (stang). Selain itu, Vespa ini yang dibuat di Jerman ini juga dilengkapi dengan piagam penghargaan demi menghargai kinerja pasukan Garuda tersebut.
Vespa buatan Jacob Oswald Hoffmann tersebut sering tampil dijalanan dan dikendarai oleh anggota dari pasukan Garuda tersebut. Akhirnya, public nusantara pun tahu, sehingga mereka menyematkan nama pada Vespa tersebut sebagai Vespa Kongo. Vespa dengan pantat bulat tersebut memang sampai kapanpun akan selalu melekat di hati masyarakat Indonesia yang bangga terhadap pasukan Garuda yang telah menunaikan tugas Negara dengan baik dan benar sehingga apresiasi berupa Vespa tersebut memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan perjuangannya. Namun, sekiranya itu dapat menjadi kenangan terindah yang sangat khas dan unik sehingga timbullah history dari Vespa Kongo tersebut. Sekarang ini mungkin anda kesulitan untuk bisa melihat Vespa yang satu ini. Dan Untuk Melihat Galeri Vespa Kongo yang melegenda ini, stay tune di Blog ini

0 komentar:

Posting Komentar