Sabtu, 25 Oktober 2014

Tips dan Panduan Membeli Vespa

Panduan Membeli Vespa antik ini mungkin sangat dibutuhkan bagi teman teman yang ingin membeli Vespa Antik atau Vespa Klasik, ada beberapa hal penting yang wajib teman teman perhatikan agar tidak menyesal kedeapannya karena telah membeli Vespa Antik ini, mari kita simak, apa saja yang harus teman teman perhatikan sebelum membeli Vespa Antik dari tangan lain


- Cek Surat-surat dengan Vespa-nya
Surat surat atau kitab keramat Vespa haruslah pas dengan barangnya, pastikan nomor body mesin yang ada di BPKB dan STNK sama dengan yang tertera di mesin dan body Vespa yang sedang diincar. Nomor pada mesin Vespa ini umumnya berada di bagian batangan mesin yang menghubungkan dengan baut sasis. Untuk Vespa Vespa tua, biasanya ada di bagian bawah box kiri (box bagasi) dengan kode awal misalnya VNA, VNB, VBA, VBB, VBC dan lain-lain. Namun demikian beberapa varian Vespa ada yang nomor bodinya berada di sebelah kanan (box mesin) dekat dengan mesin umumnya untuk jenis Vespa keluaran akhir decade 1960’an keatas.
Nah, nomor Vespa pada mesin ini ada hal lain yang harus teman teman perhatikan, yaitu pastikan nomor mesin dan nomor body tersebut bukan nomor aspal, Ciri Ciri Nomor Aspal pada mesin yaitu banyak terdapat goresan-goresan yang kadar warnanya berbeda (seperti bekas dihapus dengan amplas atau grinda) dengan bagian lainnya, sedangkan pada bagian body, dilakukan dengan meraba disekitaran sisi dalam daripada bagian yang terpatri nomor bodi dimaksud. Bila terdapat bekas las-lasan disekelilingnya besar kemungkinan nomor tersebut bukan milik bodi Vespa yang sebenarnya.
Temen temen sudah tau kan, kalau Nomor dimesin dan body vespa berbeda dengan yang tertera di BPKB harus gimana.? yup, silahkan mencari Vespa lain yang Surat Suratnya lengkap dan sesuai dengan mesin dan body vespa yang diincar
- Kelengkapan Bodi Set
Calon motor vespa teman teman harus memiliki Bodi set yang lengkap, dalam hal ini, bodi set meliputi spakbor, stang, bodi, tanki bensin serta box kiri kanan. Kenapa hal ini harus diperhatikan oleh teman teman yang ingin membeli Vespa Antik.? Yup, karena bodi set ini merupakan bagian-bagian inilah yang akan menjadi daya tarik pertama bagi pandangan umum secara fisik Vespa, terlepas dari hal itu, Body set Vespa antik, terutama Vespa keluaran tahun 1960an akan sangat sulit untuk mencari Bodi setnya, karena Bodi set Vespa keluaran tahun 1960an sudah tidak diproduksi lagi oleh pihak Piaggio.
Untuk bagian Bodi set ini juga memiliki tingkat kesulitan tersindiri, sehingga Perbandingan keberadaan (ketersediaan dipasaran) satu barang dengan lainnya merupakan langkah lanjutan dalam fase ini. Kategori bodiset yang memiliki tingkat kesulitan tertinggi adalah:
A. Frame/bodi; jangan pernah melirik bagian ini yang telah mengalami potongan maupun lubang-lubang yang sengaja dibentuk oleh pemilik lamanya.
B. Handlebar/stang; upayakan ketersediaan stang/handlebar sesuai dengan komposisi tahun keluaran Vespa dimaksud.
C. Tanki bensin, box kiri-kanan dan spakbor adalah bagian selanjutnya yang apabila memang tidak sesuai dengan tahun keluarannya, masih banyak buatan local tersedia dipasaran umum.
- Keutuhan Mesin
Yang terakhir adalah periksa keutuhan Mesin dari Vespa, yup ini yang paling krusial, pastikan bahwa Keutuhan mesin dalam posisinya, selain itu, seperti yang kita ketahui semua, para pengguna Vespa banyak yang merubah system kelistrikannya dengan menambahkan model CDI untuk memanjakan vespanya, mintalah kepada penjual untuk mengembalikannya ke model awalnya, karena model tersebut ke depannya akan lebih memakan banyak biaya dibandingkan dengan model platina selain juga akan menghilangkan atmosfir vintage yang terkandung dalam Vespa tersebut.
Setelah 3 Hal penting diatas dilewati dan semuanya sesuai dengan yang inginkan, maka tidak perlu ragu lagi untuk membeli Vespa antik tersebut, sebagai tambahan, silahkan explore web ini untuk mengetahui lebih dalam lagi semua tentang Vespa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman yang ingin membeli Vespa antik, selamat bergabung dan selamat menjadi scooteris baru. Salam Mesin Kanan

0 komentar:

Posting Komentar