Sabtu, 25 Oktober 2014

Vespa PTS

Vespa PTS merupakan varian Vespa yang pada mulanya hadir dan beredar kepasaran pada tahun 1976. Scooter ini dibuat oleh PT. Dan Motor Indonesia karena adanya lisensi resmi dari Piaggio Italia yang memegang hak paten atas motor tersebut. Delapan tahun lamanya Vespa tersebut beredar di pasaran luas, namun kejayaannya berakhir pada tahun 1984. Pada waktu itu, motor ini memang mempunyai saingan yang cukup besar dengan merek motor asal Jepang yang sekarang juga masih sangat merajai penjualan di pasaran otomotif Indonesia. Ya, kedua merek motor tersebut adalah Yamaha dan Suzuki, namun walaupun demikian tetap saja vespa mempunyai penggemar sejati yang selalu mendambakan produknya tersebut dengan alasan unik dan menarik.

Berbicara sedikit tentang tekhnologi mesin yang dibekali untuk PTS tersebut ternyata menggunakan mesin 2 langkah dengan kapasitas 90cc. mesin berkapasitas 90cc, pada kenyataanya memang hanya memiliki 88.5cc. Dengan kapasitas tersebut, anda dapat mencapai puncak kecepatan top speed sampai dengan 80kph. Kecepatan yang sangat pantas untuk sebuah motor skuter yang nyentrik tersebut. Bergeser kepada sistem pembakaran yang digunakan. Motor ini masih mempertahankan element karburator Dell Orto 16 sehingga perawatan yang rutin harus dilakukan terhadap karbu tersebut supaya motor anda tetap dalam kondisi prima saat akan dipakai.

Desain rangka sasis monocoque menjadi ciri khas tersendiri dari hampir semua vendor motor sehingga baru-baru ini trend sasis monocoque dikembangkan oleh vendor-vendor lainnya. Motor yang hanya bertransmisi 3 percepatan tersebut ternyata bisa menampung kapasitas tangki bahan bakar sampai dnegan 4.5 liter. Tangki ini ternyata masih menyatu dengan wadah oli samping sebagai pelengkap bahan bakar untuk motor 2 tak tersebut.
PT. Dan Motor Indonesia pun ternyata tidak hanya merilis varian PTS berkapasitas 90cc, namun mereka juga merilis PTS dengan 100cc. Secara garis besar itu memang tidak terlalu berbeda, dari kapasitas mesinnya saja yang dapat membedakan dari kedua varian tersebut. Walaupun ada perbedaan-perbedaan antara keduanya, namun hal itu terkesan tidak terlalu menonjol. Alhasil banyak orang yang keliru dengan kedua motor tersebut karena memiliki tingkat kesamaan yang susah diidentifikasi dengan sekejap mata.
PTS 90 dengan 100 merupakan varian Vespa yang cukup sukses mendaratkan kakinya di tanah tercinta kita ini sehingga banyak diantara mereka ada yang sudah mempunyai produk tersebut. Hal itu berdampak pada menjamurnya komunitas Vespa yang membentuk suatu ikatan yang bertujuan untuk bersitarurahmi dan menumbuhkan jiwa gotong royong diantara sesama penggguna. Manakah varian PTS bidikan anda? Semua dari anda dapat memilih dari dua option dari kapasitas mesin yang agak berbeda tersebut. Pilihan tetap ada di tangan anda. bagaimana dengan harga yang dibandrol oleh kedua varian dari Vespa ini? Setiap daerah yang ada di nusantra mungkin memiliki harga yang beragam, apalagi sekarang ini sudah second semua. Jika anda masih berminat silahkan berbelanja online dengan mengunjungi toko-toko online kesayangan anda.
Itulah sepenggal cerita tentang Vespa PTS yang sempat melegenda ke ranah public.

0 komentar:

Posting Komentar