Italia memang negara yang sangat terkenal dan khas dengan scooters-nya.
Hal itu dibuktikan kepada dunia dari fakta-fakta yang ada bahwa skuter
Itali sangat diminati oleh semua belahan dunia. Ya, motor golongan
skuter tersebut semakin populer ke semua Negara karena ada beberapa
aspek yang mempopulerkannya seperti adanya dokumen film atau foto yang
selalu identik dengan motor nyentrik tersebut. Itali memang produsen
skuter yang lauar biasa, Vespa dan Lambretta adalah skuter idaman yang
selalu mendapatkan perhatian. Dalam postingan ini akan dibahas sekelumit
postingan tentang Vespa Lambretta.
Apa yang dimaksyud dengan Vespa Lambretta tersebut? Ya, ini merupakan
salah satu motor yang tergolong skuter yang diproduksi di Milan, Italia
oleh seseorang yang bernama Innocenti. Berdasarkan sejarahnya, di tahun
1972, ternyata pemerintah India mengambil alih perusahaan tersebut
dengan cara membeli pabriknya sehingga perusahaan tersebut berubah nama
menjadi Scooters India Limited (SIL) yang berhak untuk memproduksi
varian Lambretta. Skuter Lambretta juga diproduksi di bawah lisensi oleh
beberapa Negara seperti Fenwick di Perancis, NSU di Jerman, Serveta di
Spanyol, API di India, Yulonin Taiwan, Pasco di Brazil, Auteco di
Kolombia dan Siambretta di Argentina.
Insinyur penerbangan yang bernama Corradino D’ Ascanio bertanggung
jawab untuk desain dan konstruksi motor tersebut yang ternyata didesain
dari helikopter modern. Berkat kerjasamanya dengan Ferdinando Innocenti,
mereka berdua beusaha untuk merancang sebuah kendaraan sederhana yang
kuat dan terjangkau sehingga Skuter Lambretta pun hadir. Motor ini
menawarkan konsep berkendara yang mudah untuk dipakai oleh semua
kalangan baik itu pria maupun wanita. Disamping itu, motor skuter ini
pun jago untuk membawa penumpang dibelakangnya.
Konsep pertama dari motor skuter Lambretta dibuat di Nebraska,
Amerika Serikat. Motor skuter ini dipoles dengan desain hijau zaitun dan
beredar di Italia dalam jumlah besar. Motor ini pada awalnya
diperuntukan secara khusus oleh militer AS sebagai alat transportasi
lapangan untuk pasukan payung dan Marinir. Militer AS telah menggunakan
motor tersebut untuk berkeliling dan melihat taktik pertahanan Jerman
dan menghancurkan jalan dan jembatan di Dolomites. Desain akhir dari
Lambretta dilakukan oleh para insinyur aeronautika Cesare Pallavicino
dan Pier Luigi Torre. Cesare Pallavicino sendiri adalah Direktur Teknik
di pabrik pesawat Caproni selama Perang Dunia II sebelum ia bekerja pada
desain Lambretta. Disisi lain, Torre adalah seorang desainer mesin di
Italo Balbo yang sudah snagat professional sehingga desain mesin dan
body dari motor Skuter Lambretta lebih terorganisir lagi yang berujung
pada keberhasilan pabrik Innocenti yang mampu memproduksi massal
beberapa varian Skuter Lambretta tersebut.
Di Indonesia sendiri Skuter Lambretta memang kalah bersaing jika
dibandingkan dengan beberapa produk yang sempat merajai pemasaran dari
Vespa Piaggio. Mungkin ada beberapa pertimbangan penting mengapa para
konsumen lebih memilih Vespa Piaggio dibandingkan dengan Skuter
Lambretta. Hal pertama, bisa saja kurangya promosi yang dilakukan atau
karena alasan desainnya yang kalah bersaing dengan Vespa Piaggio
sehingga mereka lebih mengesampingkan Skuter Lambretta tersebut.
Sabtu, 25 Oktober 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar